Selasa, 26 April 2011

MEREKA YANG PEDULI DENGAN ALAM

Di atas ribu kaki

Berteman dengan alam

Menyusur kaki-kaki bukit

Kepakan tanganmu

Menyatu dengan alam

Saksikan sunrise

Dari puncak gunung

Beberapa bait puisi yang pernah ditulis para pecinta Alam, mencoba menyampaikan perasaanya, betapa indahnya karunia Tuhan atas alam dan seisinya. Rekan muda yang gemar/hoby petualang, mungkin bisa menyalurkan dengan Kegiatan Pencinta Alam (PA) sebagai saluran seperti mendaki gunung, menyusur pantai. Ikut dalam kelompok pecinta alam akan menambah wawasan tentang alam, dan menumbuhkan sikap menjaga, atau tanggung jawab dengan alam. Alam dicipta bukan untuk diusik apalagi dirusak tapi harus dijaga kelestarianya. Manusia sebagai kalifah yang diutus di dunia haruslah bisa menjaga keseimbangan alam ini.

Mendaki gunung, menyusur pantai mencoba bersahabat dengan alam. Rekan muda yang mau ikut dalam kegiatan ini harus mempersiapkan fisik, perbekalan makanan (logistik), peralatan pendakian seperti kompas, senter, PPPK, Peta pendakian. Sebelumnya juga ada persiapan dalam pemahaman medan dan rute yang akan dilewati.

Sedangkan perlengkapan yang harus dipersiapkan si pendaki sendiri berupa tas, tali, sepatu, tutup kepala, sarung tangan dianjurkan tidak memakai celana Jeans, tapi celana khusus mendaki. Banyak peralatan pendakian yang dijual di stand atau kios yang menyediakan peralatan pendakian. Di Toko Remaja, Di Gear.

Liburan sekolah paling asyik mendaki gunung oi..!. Di Pati rekan muda bisa menemui Obyek pendakian di Gunung Muria (Gunung tidak aktif), melalui desa Tempur atau pendakian bisa dilakukan lewat Kab. Kudus. desa bla...bla..

Beberapa kelompok Pecinta alam seperti di Sekolah Menengah Atas Mereka bernaung pada organisasi OSIS (organisasi Siswa Intra Sekolah). PA di sekolah bila mengadakan pendakian bersama di bagi menjadi beberapa devisi, ada yang bagian peralatan (logistik), Palang Merah. Pembekalan materinya diberikan oleh senior, tentang survival alive, tentang resiko, antisipasi2 bila keadaan diluar perhitungan.

Juga ada kewajiban yang harus disepakati dan dilakukan para Pecinta Alam yaitu agar tetap menjaga kelestarian alam, jangan mengadakan perusakan pada alam, mencorat-coret dengan pilox

Gerakan Penanaman pohon kembali (Reboisasi) demi generasi nanti, mungkin lebih efektif bila melibatkan seluruh elemen masyarakat, perhutani dan peran serta rekan muda yang tergabung dalam kelompok PA. Misalnya penyanangan satu tanam satu, satu orang menanam satu pohon. Perhutani juga harus pro aktif dalam penanganan hutan, harus menindak tegas pencurian hutan. Bla..bla..

PESAN DARI PECINTA ALAM

Oh human being!

Losing your awareness

Where are you heading?

Poisoning the air and the sky

Turning the earth into a hell

You used to say that you were superior

That the animal, birds and trees were inferior to you

But your ego is so huge that it is kissing the sky

Don’t you see the shadow of time

Approaching rapidly to stop your speed ?

P.R. Sarkar

(dari Prabha’t Sam’giit Song no. 1190)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar